x

Budi Daya Jamur Tiram, Usaha Menguntungkan Untuk Pensiunan!

Share

Selama ini, mungkin banyak dari kita mengira bahwa jamur tiram hanya dapat dibudidayakan di dataran tinggi saja. Namun, ternyata kini jamur tiram mampu beradaptasi di dataran rendah, bahkan tidak menutup kemungkinan juga dapat dibudidayakan di kota-kota dengan suhu yang relatif panas, seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, dan daerah lainnya. 

Untuk kapasitas produksinya pun, tidak jauh berbeda dengan jamur tiram yang dibudidayakan di dataran tinggi. Luas bangunan untuk budi daya jamur atau yang dinamakan dengan kumbung, dapat disesuaikan dengan luas lahan dan suhu udara di lokasi budi daya. Dengan hal ini, maka cukup memudahkan untuk mengembangkan usaha budi daya jamur tiram. Oleh karena itu, sudah tidak heran lagi jika banyak orang, khususnya termasuk para pensiunan yang tertarik menekuni usaha jamur tiram ini. Tidak hanya prosesnya saja yang cukup mudah, namun peluang usaha ini juga menjanjikan keuntungan yang berlimpah bagi para pelakunya.

Keuntungan Usaha Budi Daya Jamur Tiram

Usaha jamur tiram termasuk usaha dengan modal yang tidak terlalu besar, namun untungnya lumayan untuk para pensiunan. Apalagi jika memakai lahan sendiri di rumah, maka modal bisa sangat ditekan. Perlahan, jika usaha ini ditekuni, maka bisa menjadikan usaha jamur tiram ini sebagai peluang utama penghasilan di masa pensiun. Oleh karenanya, sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja, dikarenakan potensi keuntungan yang sangat besar. Jamur tiram sendiri disukai oleh banyak kalangan, karena permintaannya yang cukup tinggi di tanah air. Hal inilah yang membuat usaha budi daya jamur tiram menguntungkan. Peluang usaha bisnis jamur tiram bisa dijalankan oleh siapa saja bahkan sebagai pebisnis yang masih pemula. Lalu, apalagi keuntungannya? Mari kita simak berikut ini! 

1. Konsumen Jamur Tiram Terus Bertambah

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak diminati konsumen, karena selain rasanya yang enak, jamur tiram juga mengandung gizi yang tinggi. Jamur ini merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Aneka olahan makanan yang dibuat dengan jamur tiram juga cukup banyak dan semuanya memiliki cita rasa yang nikmat. Selain itu, kebutuhan para pebisnis makanan akan jamur tiram yang semakin meningkat membuat potensi usaha jamur tiram sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

2. Pemasaran Sangat Luas, Tanpa Modal Lahan Yang Luas

Jamur tiram salah satu jenis jamur yang cepat panen. Tanpa lahan yang luas, usaha ini bisa dijalankan dengan lancar. Cukup dengan satu ruangan berukuran minimal 3 meter x 4 meter, Anda sudah bisa membuka usaha budi daya jamur tiram. Selain itu, pemasaran jamur tiram ini bisa dikatakan cukup luas. Ada beberapa cara pemasaran yang bisa dilakukan, seperti menjual ke lingkungan terdekat, bisa kerabat, tetangga, kenalan, atau rekan kerja.

Selain itu, bisa juga menjualnya ke pasar tradisional atau warung sayuran. Karena jamur bisa dibilang masih masuk ke dalam jenis sayuran, tentu setiap hari ada saja yang ingin membelinya. Bahkan saat ini, penjualan secara online juga masih terbuka lebar. Misalnya, jamur bisa dijual melalui website, social media, atau marketplace, sehingga nantinya pelanggan tidak hanya dari wilayah sekitar saja. 

3. Bisa Dijadikan Usaha Sampingan

Bagi calon pensiunan, tidak ada salahnya Anda memulai usaha duluan tanpa harus menunggu masa pensiun tiba. Karena keuntungan budi daya jamur tiram juga menguntungkan jika digunakan untuk sampingan. Manfaatkan hari Sabtu dan Minggu untuk membuat baglog atau persiapan media jamur. Setelah itu ketika penanaman sudah dilakukan, setiap pagi hari dan sore hari, siramilah jamur secukupnya. Jika ingin lebih praktis, anda bisa mencari pegawai yang sudah berpengalaman untuk merawat jamur ketika Anda bekerja.

4. Dapat Dikerjakan Oleh Siapa Saja

Kemudahan dalam mempelajari alur budi daya jamur tiram ini menjadi alasan mengapa usaha ini bisa menjadi usaha yang menggiurkan, khususnya untuk para pensiunan. 

Selain 4 keuntungan di atas, ternyata tidak hanya jamur tiram mentah saja yang laku di pasaran, hasil olahan dari jamur tiram pun juga diminati oleh banyak orang. Hal ini juga didorong dengan kebutuhan para pebisnis makanan dari jamur tiram yang semakin meningkat, sehingga membuat potensi usaha jamur tiram sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Karena jamur tiram bukan hanya dijual untuk dikonsumsi dan dicampur dalam olahan makanan rumahan saja, tetapi juga bisa diolah menjadi berbagai macam camilan yang enak dan nikmat, seperti:

  • Kerupuk jamur tiram
  • Keripik jamur tiram
  • Abon jamur tiram
  • Jamur crispy tiram 
  • Sate jamur tiram
  • Lumpia jamur tiram
  • Nugget ayam jamur tiram 
  • Siomay ikan jamur tiram

Bahkan limbah baglog afkir dari jamur tiram yang sudah tidak dapat digunakan lagi, dapat bermanfaat menjadi sesuatu yang juga memiliki nilai jual, seperti:

  • Diolah menjadi pupuk kompos
  • Diolah sebagai tambahan pembuatan media belut
  • Diolah sebagai media habitat cacing Lumbricus

Dengan berbagai penjelasan di atas, apakah Anda masih ragu untuk menjalankan usaha jamur tiram ini? Bagi Anda calon pensiunan maupun pensiunan, tidak perlu menunggu waktu lama lagi untuk menjalankannya. Anda bisa bergabung menjadi nasabah Bank Mantap dan mengikuti program Wirausaha Mantap Sejahtera untuk pelatihan wirausaha jamur tiram. Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi secara langsung unit kantor cabang terdekat Bank Mandiri Taspen di daerah Anda! 🙂