x

Melihat Potensi Keuntungan Usaha Hidroponik yang Menarik

Share

Apakah Anda calon pensiunan atau pensiunan yang mempunyai rencana untuk membangun sebuah usaha di masa pensiun? 

Usaha hidroponik bisa menjadi salah satu pilihan tepat! Mengapa? 

Baca juga: Budi Daya Jamur Tiram, Usaha Menguntungkan Untuk Pensiunan!

Saat ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan dengan memilih sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar dan bebas dari pestisida. Oleh karena itu, di sinilah sistem penanaman secara hidroponik dapat dikatakan menjadi solusi dan peluang usaha yang menguntungkan. Karena dengan sistem tersebut, hasil panen sayuran maupun buah-buahan lebih segar, sehat, dan bersih dibandingkan dengan sistem penanaman secara konvensional. Selain itu, masa panen dengan sistem hidroponik bisa dikatakan singkat, serta hasil pun lebih berbobot dan besar.

Bertani atau menanam dengan sistem hidroponik dinilai sangat menguntungkan dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena Anda bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk membudidayakan tanaman hidroponik. Prospek dari tanaman yang ditanam dengan sistem ini juga sangat cerah dalam jangka panjang, karena bisa dikatakan permintaan konsumen tidak pernah berhenti.

Kelebihan Budi Daya Tanaman Hidroponik

Berikut ada beberapa kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari budi daya tanaman hidroponik, di antaranya:

  • Tidak butuh lahan yang besar.
  • Tidak memerlukan tanah.
  • Kebutuhan pupuk dan nutrisi lebih sedikit.
  • Kebutuhan air lebih sedikit.
  • Bisa dipadukan dengan ternak ikan.
  • Sayuran lebih bersih dan sterril.
  • Tidak membutuhkan banyak perawatan.
  • Tidak tumbuh gulma, yaitu tumbuhan di sekitar tanaman budi daya yang pertumbuhannya tidak dikehendaki.
  • Hasil panen lebih banyak.
  • Pemanenan lebih mudah.

Jenis Sayuran yang Memiliki Prospek Bagus

Sebelum Anda memulai untuk budi daya tanaman hidroponik, pertimbangkan terlebih dahulu jenis sayuran apa saja yang laris dijual, karena tidak semua jenis sayuran hidroponik laku di pasaran. Biasanya sayuran yang laris adalah yang paling banyak digunakan untuk industri makanan, seperti warung makan maupun restoran. 

Beberapa sayuran hidroponik yang banyak diminati diantaranya, seperti sawi, bayam hijau, bayam merah, kangkung, caisim, pakcoy, selada hijau, selada keriting, cabai, bawang daun, seledri dan tomat. 

Analisa Peluang Bisnis

Jika Anda benar-benar ingin terjun ke bisnis hidroponik di masa pensiun, melakukan analisa merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan hasil analisa yang ada, kita bisa melakukan persiapan dengan matang, membuat perencanaan yang mendetail, serta menyiapkan berbagai alat dan bahan secara lengkap. Berikut ini ilustrasi potensi usaha hidroponik yang mungkin bisa menjadi gambaran Anda.

Ilustrasi usaha hidroponik

Jika Anda sudah siap untuk memulai usaha tanaman hidroponik di masa pensiun, Anda bisa bergabung menjadi nasabah Bank Mantap! Melalui program Wirausaha Mantap Sejahtera dari Bank Mantap, nantinya Anda akan mendapatkan mentoring dan pembinaan wirausaha. Selain itu, hasil panen dari usaha yang Anda jalankan akan mendapat dukungan promosi oleh mentor.

Mari jadikan masa pensiun Anda tetap aktif dan produktif bersama Bank Mantap Pensiun Berkarya! Untuk informasi lebih lengkapnya, segera kunjungi kantor unit atau cabang Bank Mantap yang terdekat dengan domisili Anda!